Apa itu KENALAN, PROSPEK, dan DOWNLINE

Diambil dari tweet nya @sekolahmlm

Mudah-mudahan bisa menambah ilmu kita dalam menjalankan bisnis Oriflame ini ya dear... sok monggo di follow juga twitter nya

Salam Sukses

  • Apa itu prospek? definisi saya sederhananya adalah orang-orang yang telah merespon upaya pemasaran anda
  • Upaya pemasaran apa? ya apa saja, dari mulai kartu nama, selebaran, iklan di media, social media, telp dingin/ cold call anda
  • Prospek juga bisa berarti org yg mengambil leaflet anda di pameran, membaca anda di internet, atau berbicara langsung dengan anda
  • Artinya orang-orang ini mengetahui posisi anda dalam bisnis, apakah sebagai konsultan, penjual, atau pemasar
  • Yang gak masuk dalam definisi ini adalah, kenalan anda yg tidak tau sama sekali keterlibatan anda dalam bisnis
  • Yang gak masuk juga dalam definisi ini, kenalan baru, kartu nama acak, email acak, keluarga, teman, organisasi, yg tidak tau tentang posisi anda dalam bisnis
  • Jadi ketika upline meminta anda membuat daftar 100 kenalan anda, itu hanyalah sebuah daftar kenalan, bukan daftar prospek
  • Agar lebih jelas, ini urutannya: pertama, ada segmen pasar, atau komunitas, atau kumpulan orang yang anda bidik
  • Lalu anda masuk dlm kumpulan orang ini dengan suatu aktivitas yg membuat mereka ngeh..eh ada yg menarik tuh, liat yuks..
  • Orang-orang yang merespon ini, merekalah yang disebut sebagai prospek. sedangkan sisanya, bukan prospek anda
  • Lalu anda melakukan kegiatan pemasaran lebih lanjut, sehingga prospek yang hanya tertarik, menjadi bersedia untuk join dengan anda
  • Contohnya; anda mbuka klinik konsultasi d tempat keramaian. dari 1000 orang yang menoleh ke konter anda, 300 org mengambil brosur atau bertanya
  • Maka prospek anda hanya 300 orang. lalu dengan berbagai treatment, 100 org diantaranya bergabung dengan anda, menjadi downline anda
  • Ngertikan sekarang, kalo punya daftar 100 kenalan saja gak cukup tuk sukses di bisnis MLM?
  • Karena anda harus memiliki rangkaian treatment yg tepat untuk daftar kenalan anda, sehingga mereka tertarik menjadi prospek, lalu akhirnya join dibawah anda
  • Coba bayangin kalo treatment anda tidak tepat, artinya anda melakukan kesalahan yg sama 100x, dan akan anda ulang lagi pada daftar kenalan yang kedua
  • Contoh treatment tidak tepat, pertama kali nelpon langsung minta ketemu, saat ktemu langsung presentasi, saat dtolak anda kecewa berat
  • Ya pasti ditolaklah, emang ada orang yang pernah ngerencanain jadi pebisnis MLM dalam hidupnya? terus tiba-tiba anda datang minta keputusan sekarang
  • Yang sudah ngerencanain jd pebisnis MLM aja masih dapat tentangan dari keluarga. apalagi yang dah disekolahin untuk jadi dokter atau insinyur.
  •  Bukan maksud mendiskreditkan ya, tapi kita juga harus profesional saat menjual bisnis kita. lah wong ini bisnis milyaran, ya mesti professional
  • Kembali ke prospek, terus apa yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan prospek yang banyak?
  • Caranya banyak, mulai dari bagi brosur sampai menghadiri seminar-seminar kelas atas.
  • Namun intinya adalah, anda perlu melakukan aktifitas yg membuat org tertarik kepada ANDA, atau SOLUSI anda.
  • Pada kondisi ini mereka siap untuk mendengar anda. dan ini sangat jauh berbeda dengan kondisi cold calling dimana anda yang butuh mereka
  • Mudah-mudahan jelas bagi teman-teman, dan mulai memikirkan ulang strategi anda dalam mencari prospek. sekian. MERDEKA!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk kenalan sama Upline, Downline, dan Frontline

Set Makeup Perfect Pairs by Fanbo Cosmetics