Apa itu KENALAN, PROSPEK, dan DOWNLINE
Diambil dari tweet nya @sekolahmlm
Mudah-mudahan bisa menambah ilmu kita dalam menjalankan bisnis Oriflame ini ya dear... sok monggo di follow juga twitter nya
Salam Sukses
Salam Sukses
- Apa itu prospek? definisi saya sederhananya adalah orang-orang yang telah merespon upaya pemasaran anda
- Upaya pemasaran apa? ya apa saja, dari mulai kartu nama, selebaran, iklan di media, social media, telp dingin/ cold call anda
- Prospek juga bisa berarti org yg mengambil leaflet anda di pameran, membaca anda di internet, atau berbicara langsung dengan anda
- Artinya orang-orang ini mengetahui posisi anda dalam bisnis, apakah sebagai konsultan, penjual, atau pemasar
- Yang gak masuk dalam definisi ini adalah, kenalan anda yg tidak tau sama sekali keterlibatan anda dalam bisnis
- Yang gak masuk juga dalam definisi ini, kenalan baru, kartu nama acak, email acak, keluarga, teman, organisasi, yg tidak tau tentang posisi anda dalam bisnis
- Jadi ketika upline meminta anda membuat daftar 100 kenalan anda, itu hanyalah sebuah daftar kenalan, bukan daftar prospek
- Agar lebih jelas, ini urutannya: pertama, ada segmen pasar, atau komunitas, atau kumpulan orang yang anda bidik
- Lalu anda masuk dlm kumpulan orang ini dengan suatu aktivitas yg membuat mereka ngeh..eh ada yg menarik tuh, liat yuks..
- Orang-orang yang merespon ini, merekalah yang disebut sebagai prospek. sedangkan sisanya, bukan prospek anda
- Lalu anda melakukan kegiatan pemasaran lebih lanjut, sehingga prospek yang hanya tertarik, menjadi bersedia untuk join dengan anda
- Contohnya; anda mbuka klinik konsultasi d tempat keramaian. dari 1000 orang yang menoleh ke konter anda, 300 org mengambil brosur atau bertanya
- Maka prospek anda hanya 300 orang. lalu dengan berbagai treatment, 100 org diantaranya bergabung dengan anda, menjadi downline anda
- Ngertikan sekarang, kalo punya daftar 100 kenalan saja gak cukup tuk sukses di bisnis MLM?
- Karena anda harus memiliki rangkaian treatment yg tepat untuk daftar kenalan anda, sehingga mereka tertarik menjadi prospek, lalu akhirnya join dibawah anda
- Coba bayangin kalo treatment anda tidak tepat, artinya anda melakukan kesalahan yg sama 100x, dan akan anda ulang lagi pada daftar kenalan yang kedua
- Contoh treatment tidak tepat, pertama kali nelpon langsung minta ketemu, saat ktemu langsung presentasi, saat dtolak anda kecewa berat
- Ya pasti ditolaklah, emang ada orang yang pernah ngerencanain jadi pebisnis MLM dalam hidupnya? terus tiba-tiba anda datang minta keputusan sekarang
- Yang sudah ngerencanain jd pebisnis MLM aja masih dapat tentangan dari keluarga. apalagi yang dah disekolahin untuk jadi dokter atau insinyur.
- Bukan maksud mendiskreditkan ya, tapi kita juga harus profesional saat menjual bisnis kita. lah wong ini bisnis milyaran, ya mesti professional
- Kembali ke prospek, terus apa yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan prospek yang banyak?
- Caranya banyak, mulai dari bagi brosur sampai menghadiri seminar-seminar kelas atas.
- Namun intinya adalah, anda perlu melakukan aktifitas yg membuat org tertarik kepada ANDA, atau SOLUSI anda.
- Pada kondisi ini mereka siap untuk mendengar anda. dan ini sangat jauh berbeda dengan kondisi cold calling dimana anda yang butuh mereka
- Mudah-mudahan jelas bagi teman-teman, dan mulai memikirkan ulang strategi anda dalam mencari prospek. sekian. MERDEKA!
Komentar
Posting Komentar