Skema pyramid MLM = Pasti penipuan!

Skema pyramid MLM = Pasti penipuan!

skema_pyramidSkema pyramid dalam MLM pasti menandakan skema penipuan! ya kan?! Yang posisinya paling atas telah berhasil menipu yang posisinya dibawah, dan akan mendapatkan sebagian besar keuntungannya…begitu kan?!
Sebelum mikirnya kejauhan, coba deh pikirkan organisasi apa di dunia ini yang tidak memakai sistem pyramid?
Manajemen perusahaan modern saja memakai sistem pyramid, mau ngaku ataupun enggak. Dari Direktur Utama yang mengepalai para direktur, kemudian para direktur ini mengepalai para manajer, dan para manajer mengepalai para staff. Manajer seringkali mendapatkan bagian keuntungan dari staff penjualan. Lalu apakah ini sistem scam?
Lalu sistem franchise yang juga memakai sistem pyramid. Dari franchisor, yang mengepalai manajer area, kemudian manajer area mengepalai para franchisee. Semuanya mendapatkan bagian keuntungan dari penjualan franchisee. Apakah sistem ini legal?
Lalu bagaimana dengan sistem pemerintahan negara kita tercinta ini, yang ternyata juga menganut skema pyramid? apakah sistem pemerintahan kita juga scam?… hehehe..weleh-weleeehh…
Bahkan tukang sayur dipasar saja memakai sistem pyramid.. percaya kan? … pasti percaya dong… nih saya jabarin.. Dari mulai para tengkulak yang membeli sayur dari petani, kemudian menyebarkannya ke para distributor yang ngangkut sayur dari gunung ke pasar-pasar, kemudian disebar lagi kepada para tukang sayur.. lalu diteruskan lagi satu level kebawah yaitu para tukang sayur keliling yang membawa sampai depan rumah kita… huh.. benar-benar scam niy tukang sayur!
Udah deh, gak usah marah-marah sama tukang sayur. Terima aja klo skema pyramid itu memang sebuah keniscayaan dalam hidup. Itu karena manusia memiliki kemampuan yang terbatas dalam mengelola aktivitasnya. Ketika aktivitasnya telah melebihi kemampuannya, ia akan butuh orang lain untuk membantu. Secara alami, skema pyramid ini akan terbentuk.
Secara alami pula merekrut downline pasti dilakukan dalam skema pyramid, apakah diberi nama rekrut staff, atau franchisee, atau downline, intinya merekrut orang lain tuk membantu mengembangkan organisasi.
Jadi yang nganggap merekrut downline itu menipu, harusnya disaat yang sama dia juga tidak mau direkrut jadi staff perusahaan, atau membeli sayur dari tukang sayur … tukang sayur scam! … cuman nguntungin tengkulak! … hahaha…
Lalu dimana dong letak penipuannya?
Tenang…karena ini website pencerahaan, lain kali saya jabarkan bagaimana sistem MLM yang menipu, dan mana sistem MLM yang sesungguhnya. Makasih ya dah nyimak, klo mau dishare makasih b.g.t…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk kenalan sama Upline, Downline, dan Frontline

Set Makeup Perfect Pairs by Fanbo Cosmetics

Apa itu KENALAN, PROSPEK, dan DOWNLINE